Sabtu, 05 Januari 2019

instalasi dan konfigurasi Server/Router (WebProxy)

Proxy adalah perangkat pemisah antara client dan server proxy ini melakukan request dan respon terhadap konten di internet. Karena web proxy ini bekerja di tengah tengah antara client dan server maka client tidak bisa terhubung langsung dengan server server diinternet. Hal ini bisa bermanfaat, yaitu client tidak bisa sepenuhnya meng-akses server server yang berada diinternet, semisal kita melarang client untuk men-akses conten conten yang dewasa.

Manfaat Proxy

1.caching 
cachin ini adalha conten yang pernah di minta oleh client dan disimpan sementara di mikrotik dengan tujuan ketika client itu kembali ingin meng-aksesnya jadi bisa diambilkan dari caching yang disimpan sebelumnya tanpa perlu request ke internet kembali,alhasil banwith jadi hemat.
2. Web Conten Filtering 
Karena Web proxy ini bekerja diantara clent dan server maka proxy bisa melakukan block terhadap konten konten yang dikehendaki atau membatasi akses-akses  konten konten yang tidak diharapkan diakses oleh client.

Konfigurasi Web Proxy

Untuk konfigurasi yang pertama kita buka winbonya terlebih dahulu dan kemudian kita masuk pada web proxy di, Ip -> Web Proxy 



1. Opsi Enable untuk mengaktifkan web proxy
2. port 8080 arnya nantinya web proxy tersebuat akan berjalan di port 8080 Opsi
3. Cache on disk adalah untuk menyimpan cache yang telah direquest oleh client,jika ini tidak di checklist maka cache akan tersimpan di Ram Mikrotik alhasil jia mikrotik dimatikan cache tersebut akan hilang jadinya kita akan melakukan request lagi.
4.  Max cache size=unlimited artinya ukuran chche conten yang akan disimpan oleh mikrotik itu berapa? atau batasan ukurang cache yang disimpan mikrotik,jika kita pilih unlimited maka tidak ada batasan jadi semua cache akan disimpan.

Dengan setingan diatas mikrotik sudah berfungsi sebagai proxy, tapi belum transparent proxy, jika belum transparent proxy maka kita perlu menambahkan konfigurasi sedikit di browser kita, jika di mozila firefox ikuti langkah berikut,(jika selain mozila menyesuaikan saja.)

1. Buka browser
2. Klik menu pengaturan
3. Kemudian klik menu advance 
4. KLik Network (jaringan) 
5. Klik setting (pengaturan)
6. Pilih yang konfigurasi secara manual
7. Dikolom http kita isi ip mikrotik 
8. sedangkan port kita isi dengan port web proxy yaitu 8080

HOME

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PH8

KARTU  SOAL NOMOR 1 (PILIHAN GANDA) Mata Pelajaran                     :    C2 (Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika) Kelas/...